Senin, 15 November 2010

Suka Duka di Gugus Depan 15089

0

15089 adalah gugus depan Pondok Modern Darussalam Gontor yang bergerak dalam bidang kepramukaan. Seluruh santri terlibat dalam kegiatan kepramukaan, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Banyak kegiatan yang dilaksanakan mulai dari tiap hari, tiap minggu sampai tiap tahunnya. Diantaranya latihan pembinaan DKK(Dewan Kerja Koordinator), PASGA(Pasukan Garuda), latihan pembinaan pramuka yang dibimbing oleh kakak kelas lima yang dilaksanakan setiap hari kamis pukul 14.00-15.30 dan setelah itu ada evaluasi bagi kakak pembina kelas lima didepan gedung koordinator kelas enam. Adapun kegiatan lainnya yakni yang biasa dilaksanakan tiap tahun sekali seperti LPPP(Lomba Pramuka Penggalang dan Penegak), KMD(Kursus Mahir Tingkat Dasar) bagi kakak kelas lima yang akan menjadi pembina, dan KML(Kursus Mahir Tinggkat Lanjut) yang diperuntukkan bagi kakak kelas enam. Kegiatan event yang biasa dilakukan oleh gugus depan 15089 seperti : JAMNAS(Jambore Nasional) dan JAMDUN(Jambore Dunia), Pondok Modern Darussalam Gontor biasa mengirimkan kontingennya ketika acara-acara tersebut diadakan.
Penulis mencoba menceritakan kembali tentang pengalamannya ketika berkecimpung dalam kepramukaan di gugus depan 15089. Ketika kelas 1 sampai kelas 3 penulis menjadi anggota pramuka dengan pengalaman menjadi Anggota Kursus Gladian Pinsa Pinru yang menerapkan bagaimana sikap pemimpin ditiap-tiap sangga dan regu, ketika kelas 4 penulis menjadi Anggota Ambalan Khusus dengan tugas mengadakan PPL(Praktek Pengayaan Lapangan) pada saat itu penulis berkesempatan untuk mempraktekkan bagaimana membuat akuarium mini yang alhamdulillah berjalan sukses, dan pada semester genap penulis beserta teman-teman seangkatan lainnya ditugaskan untuk membuat pioneering yang digunakan pada hari kamis guna melaksanakan upacara, dikelas 5 penulis mendapat giliran untuk mengikuti Kursus Mahir Tingkat Dasar(KMD) kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Gontor 2 selama 3 hari 2 malam dan setelah kursus tersebut penulis bersama teman-teman seangkatan resmi menjadi pembina, pada kelas 6 penulis bersama teman sedaerah mengikuti Kursus Mahir Tingkat Lanjut(KML) meskipun kursus ini tidak diwajibkan namun kami sedaerah kompak untuk mengikutinya karena merupakan pengalaman terakhir kami di gugus depan 15089, banyak hal yang didapat disini mulai dari kebersamaan, senang susah ditanggung bersama, saling kerja bagi tugas untuk menyiapkan santapan dan juga piket diwaktu session berlangsung di kelas-kelas.
Pengalaman yang tidak terlupakan diantaranya Kursus Mahir Tingkat Dasar(KMD), kursus ini dilaksanakan 3 hari 2 malam yang dilaksanakan dengan kegiatan sebagai berikut: pada hari pertama seluruh peserta menyiapkan seluruh kebutuhan dibumi perkemahan dan pagi harinya kami dilepas oleh bapak pimpinan berjalan kaki menuju gontor 2 dengan penuh semangat, perjalanan ditempuh sekitar 2 jam dan 20 menit jika menggunakan kendaraan bermotor, disepanjang perjalanan kami bernyanyi bersama kelompok lainnya guna menghilangkan rasa lelah dan sampai ditujuan dengan selamat, sesampainya kami disana kami sudah disediakan tenda dan beberapa alat masak guna memenuhi kebutuhan beberapa hari kedepan, tak terasa kami sudah mendirikan tenda dan mempersiapkan santapan tiba-tiba kakak-kakak pembina kelas 6 sudah mengharuskan kami untuk mengikuti session pertama dan apa boleh buat kami pun terburu-buru memakai baju dan peralatan tulis karena jika terlambat pasti akan kena sanksi, dan setelah session berlangsung kami pun pulang dengan lelahnya dan pada saat itu juga cuaca tidak bersahabat tiba-tiba byuuuurrrrr.... hujan turun dengan derasnya sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah bagi tenda-tenda kami namun lapangan yang kami tempati menjadi sangat belok seperti kandang binatang saja, huft apa boleh buat kami pun harus menjalaninya, tetapi syukurnya pada malam hari kami diperbolehkan tidur di area masjid jami’ Gontor 2 karena memang tenda kami tidak layak huni, dan keesokan harinya kami pun melanjutkan aktivitas seperti biasa sampai hari terakhir, dimalam terakhir diadakan unggun gembira dengan pertunjukkan oleh tiap-tiap regu, acara pun berlangsung meriah. Tidak terasa hari akhir pun tiba, saatnya kami kembali ke pondok untuk melaksanakan aktivitas seperti sedia kala.
Pengalaman berikutnya yakni ketika penulis dan teman-teman sedaerah mengikuti Kursus Mahir Tingkat Lanjut(KML) : KML adalah kursus lanjutan dari KMD namun lebih enak dibanding dengan KML karena disini kami cukup memperdalam materi yang telah disampaikan ketika KMD tahun lalu, kami bersepuluh mengikuti KML adalah Aldi, Ridwan, Dzulkifli, Irfan, Al-Fitrah, Pandu, Hendro, Viren, Fakhri, dan Suharto. Selama perjalanan kami bebas mengabadikan gambar kami dengan kamera selama kegiatan itu pula kami sangat enjoy, sampai akhirnya kami kembali kami pun sangat senang dan happy.
Mungkin cukup sekian pengalaman dari penulis, masih banyak yang belum dituliskan tentang pengalaman ini semua. Apabila ada kata-kata yang salah sesungguhnya itu datangnya dari diri saya sendiri dan apabila ada kata-kata yang baik dan benar sesungguhnya itu dari Allah SWT. Sekian dan terima kasih
Diposting dan ditulis oleh Aldi Alfian berdasarkan pengalamannya selama di gugus depan 15089.

0 komentar:

Posting Komentar