Minggu, 07 November 2010

Kepramukaan di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo

0

GUDEP 15089 : Kirimkan Kontingen Ke Jamnas
Cikal bakalnya adalah terbentuknya Kepanduan "Bintang Islam" oleh KH. Ahmad Sahal, dengan menu latihan antara lain : ketrampilan kepramukaan, latihan seni, penjelajahan, pertanian, peternakan, kepemimpinan dan lain sebagainya. Bahkan waktu-waktu liburan pun dimanfaatkan untuk kegiatan perkemahan di sekitar kampus di bawah pengawasan langsung KH. Ahmad Sahal.
Sekarang, kegiatan kepramukaan di PMDG ditangani oleh Koordinator Gudep 15089 Pondok Modern Gontor di bawah bimbingan dan pengawasan Majelis Pembimbing Koordinator Harian (Mabikori). Berikut ini gambaran kegiatan selama satu tahun.
• Rapat Kerja Koordinator
Sebagai bukti bahwa Gerakan Pramuka di PMDG merupakan wadah pendidikan berorganisasi bagi para santri, diselenggarakanlah Rapat Kerja Koordinator (Rakoord) yang agendanya adalah membahas program kerja Koordinator untuk kurun waktu satu tahun mendatang.
Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa kelas V baik sebagai pengurus Koordinator maupun pembantu pembina. Rapat yang berlangsung pada tgl 6-8 Ramadhan 1421 ini terdiri dari tiga persidangan: Sidang Pleno, Sidang Komis, dan Sidang Paripurna di bawah bimbingan Mabikori, Mabigus, dan staf pengasuhan santri, masing-masing selaku steering Committee.
• Mugus
Dalam rangka mengevaluasi program lama dan menyusun program baru sekaligus mengesahkannya, setiap Gudep mengadakan Musyawarah Gugus Depan (Mugus) sekali setahun. Musyawarah yang diselenggarakan pada tgl 2 Agustus 2001 ini disusul dengan pergantian Pembina Gugus Depan (Bindep), diikuti oleh seluruh pembantu pembina, andika laksana II, pemimpin sangga, pemimpin regu, dan Mabigus.
Dalam acara musyawarah ini Bindep lama membacakan laporan pertang-gungjawaban dilanjutkan dengan serah terima amanat, pem-bahasan program kerja baru untuk masa satu tahun yang akan datang, dan pengesahannya.
• Kursus-Kursus
Dalam upaya meningkatkan kualitas pembina dan peserta didik pramuka, diadakanlah berbagai kursus, antara lain :
KMD
Dalam upaya mening-katkan mutu pembina maka Gerakan Pramuka Gudep 15089 mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar yang disebut juga Kursus Mahir Dasar (KMD) bekerjasama dengan Kwartir Cabang Ponorogo. Kursus ini berlangsung selama 7 hari, 4 hari di dalam kampus dan 3 hari di bumi perkemahan di Kampus Pondok Modern Darussalam Gontor 2 Madusari Siman Ponorogo.
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, KMD kali ini hanya diikuti oleh siswa kelas V KMI Gontor 1 saja yang berjumlah 750 orang, sedangkan siswa kelas V PM Gontor 3 Darul Ma'rifat Kediri dan PM Gontor 4 Darul Muttaqin Banyuwangi menyelenggarakan KMD di PM Gontor III Darul Ma'rifat Kediri. Hal tersebut disebabkan karena besarnya jumlah siswa kelas V KMI Gontor 1.
Tujuan utama diselenggarakannya kursus ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembina agar memiliki kapabilitas dan skill kepramukaan yang memadai.
MPP
Setelah mengikuti KMD, setiap pembantu pembina diwajibkan mengikuti Masa Pengembangan dan Pemantapan (MPP) dengan terjun langsung di Gudep masing-masing.
MPP ini berlangsung selama 6 bulan, dan merupakan syarat mengikuti jenjang kursus yang lebih tinggi yaitu Kursus Mahir Lanjutan (KML). Kegiatan yang sebelumnya bernama Masa Pengembangan dan Evaluasi (MPE) ini diikuti oleh lulusan KMD yang berjumlah 740 peserta.
Kursus Marching Band
Salah satu kegiatan yang diadakan oleh Koordinator Gerakan Pramuka Gudep 15089 adalah kursus Marching Band. Kursus ini diikuti oleh 96 peserta, berada di bawah tanggung jawab Andalah Koordinator Urusan Latihan (Ankulat) dan di bawah pengawasan pembimbing.
Group Marching Band yang bernama Marching Band Gema Nada Darussalam (MBGND) tampil dalam berbagai acara penting pondok, seperti : Penyambutan tamu, Khutbatul Arsy, Pembukaan dan Penutupan Porseni, Peringatan HUT RI ke-56, dan lain-lain.

Sedangkan kegiatan di luar kampus yang telah diikuti oleh group yang memiliki nomor 389/1999 PDBI Wilayah Jawa Timur ini antara lain :
1. Larung Risalah di Telaga Ngebel Ponorogo pada peringatan tahun baru Islam 1422.
2. Upacara penurunan bendera pada peringatan HUT RI ke-56 tgl 17 Agustus 2001 di alun-alun Ponorogo.
3. Lomba kejuaraan Nasional memperebutkan Piala bergilir Sri Sultan Hamengkubuwono X di Yogyakarta tahun 2001 pada tgl 16-21 Juli 2001 (meraih juara I divisi B).
KML
Guna meningkatkan kualitas Pembina, menumbuhkan kepercayaan diri, memberikan bekal pengetahuan & ketrampilan dalam mengasuh peserta didik, membentuk tenaga pramuka mahir tingkat lanjutan maka Gudep 15089 bekerjasama dengan Kwartir Cabang Kab. Ponorogo mengadakan Kursus Mahir Lanjutan (KML). Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Modern Darussalam Gontor selama 7 hari pada tgl 23-30 R. Awal 1422/15-22 Juni 2001. Kursus ini diikuti oleh para Pembina Pramuka Gudep 15089 PMDG, terdiri dari siswa kelas VI dan guru KMI yang berjumlah 188 peserta, 78 peserta jurusan penegak dan 110 peserta jurusan penggalang.
LP3 Ke-13 Antar Pondok Alumni
Dalam rangka meme-riahkan acara Pekan Perkenalan/Khutbatul Arsy di PMDG diselenggarakanlah Lomba Perkemahan Pramuka Penegak dan Penggalang (LP3) ke-13 di lapangan hijau PMDG. Acara ini diselenggarakan pada tgl 27-30 Januari 2001, diikuti oleh 9 regu penggalang dan 9 sangga penegak dari Gudep 15089 PMDG dan beberapa regu dan sangga dari Pondok Cabang dan Pesantren Alumni, antara lain PM Gontor II (Madusari), PM. Darul Ma'rifat (Kediri), PM. Darul Muttaqin (Banyuwagi), PM Al-Barokah (Nganjuk), PP. Babussalam (Madiun), PP. Al-Salam (Sukabumi), dan PP Al-Syifa' (Balikpapan-Kaltim).
Keluar sebagai Juara Umum pada kegiatan ini Gudep 15089/T.05 PMDG. Kegiatan ini di samping bertujuan mempererat tali silaturrahim antar santri PMDG dan Pondok-pondok Alumni juga bertujuan mengenalkan kepada santri baru tentang kegiatan kepramukaan di Pondok Modern.
Perkajum
Untuk mengenalkan kegiatan kepramukaan PMDG dan media dakwah kepada masya-rakat, Koordi-nator Gerakan Pramuka Gudep 15089 menga-dakan acara Perkemahan Kamis Jum'at (Perkajum) di luar kampus PMDG.
Kegiatan yang berlang- sung pada tgl 29-30 Juli 2001 ini diikuti oleh 280 Pramuka Penggalang, Penegak, dan Pandega yang telah menyelesaikan ujian SKU utusan dari tiap Gudep. Kali ini bumi perkemahan yang terpilih sebagai tempat perkajum adalah desa Grogol kec. Sambit Ponorogo.
Latihan Search And Rescue (SAR)
Untuk mengisi liburan pertengahan tahun, Gudep 15089 mengadakan latihan Search And Rescue (SAR) di Pangkalan Udara (Lanud) Iswahyudi Maospati, tepatnya di Markas Besar PASKHAS. Selain sebagai media mengisi liburan, latihan ini juga bertujuan menyalurkan minat dan bakat anggota Gudep 15089. Latihan yang berlangsung selama 9 hari pada tgl 4 -12 Juni 2001 ini diikuti oleh 20 pramuka yang memenuhi syarat baik fisik maupun mental.
Latihan yang diasuh langsung oleh personil PASKHAS TNI AU ini meliputi penggemblengan fisik, mental, dan ketrampilan tolong-menolong dalam kecelakaan yang meliputi : Ilmu Medan Peta dan Kompas (IMPK), P3K, Parking Master, Ketrampilan naik turun tebing, dan lain-lain.
Berkat kerja sama yang baik antara pihak PMDG dengan pihak lanud, latihan SAR ini dijadikan program tahunan Gudep 15089 sebagai sarana pendidikan yang memberi kontribusi cukup besar bagi perkembangan jiwa santri.
Mengirim Kontingen ke Jamnas 2001
Pada tahun ini Gudep 15089 PMDG mengirim dua regu penggalang putra ke Jambore Nasional (Jamnas) 2001 di Baturaden Banyumas Jawa Tengah. Even 5 tahunan yang diselenggarakan pada tgl 3-12 Juli 2001 ini merupakan wahana menunjukkan warna pramuka Gontor di pentas nasional. Dengan berpegang kepada prinsip Kami Pramuka Tapi Kami Muslim, Kontingen Gudep 15089 PMDG berani tampil beda menunjukkan ciri khas Pramuka Pondok Modern Gontor.
Berpartisipasi dalam LP3 Regional IX Jawa Timur
Untuk memperluas syi'ar Gontor dan memperdalam wawasan kepramukaan, pada tgl 9-12 maret 2001 Gudep 15089 mengirimkan satu regu penggalang untuk mengikuti Lomba Perkemahan Pramuka Penggalang (LP3) Regional IX Jawa Timur yang diadakan di kampus Universitas Negeri Malang. Walaupun belum berhasil menjadi juara, namun para peserta banyak mengambil pelajaran dari acara tersebut, di antaranya : dapat mengetahui perkembangan Gerakan Pramuka di luar Pondok Modern Darussalam Gontor, bercermin pada kelebihan, dan membenahi kekurangan-kekurangan yang ada.
Berpartisipasi dalam LP3 di PP. Ummul Qura' Madura
Tahun ini Gudep 15089 juga mendapat undangan dari PP. Ummul Qura' Madura untuk ikut serta dalam acara Lomba Pramuka Penggalang dan Penegak (LP3) antar Pondok Pesantren se Jawa Timur. Dalam kegiatan ini Pondok Modern Darussalam Gontor mengi-rimkan 1 regu dan 1 sangga, dan alhamdulillah berhasil menjadi juara umum.
Pramuka Garuda
Pramuka Garuda merupakan tingkatan tertinggi di masing-masing golongan (siaga, penggalang, penegak, dan pandega), dan menjadi dambaan setiap pramuka untuk meraihnya.
Dalam rangka mening-katkan kualitas kepramukaan di Ponorogo, Kwarcab Ponorogo menyelenggarakan seleksi Pramuka Garuda. Seleksi ini diikuti oleh pramuka dari Gudep di berbagai pangkalan di kabupaten Ponorogo. Dalam kesempatan ini Gudep 15089 PMDG mengikut -sertakan 9 pramuka penggalang dan 10 pramuka penegak dalam seleksi tersebut. Setelah melalui beberapa kali ujian, ke 19 pramuka tersebut dinyatakan lulus seleksi dan berhasil meraih Pramuka Garuda. Mereka akan mendapat gemblengan dan bimbingan dari Kwarcab tentang kepramukaan yang sesuai dengan AD/ART dan SK Kwartir Nasional. Setelah mendapatkan pelatihan, mereka akan diterjunkan ke Gudep masing-masing untuk menularkan pengalaman yang didapatkan, sehingga akan menjadi motivasi bagi teman-temannya untuk aktif dalam kegiatan kepramukaan.
Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan
Dalam upaya meningkatkan kinerja staf koordinator Gudep 15089, Mabikori PMDG mengadakan Pelatihan Pengem bangan Kepemimpinan. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Andalan Koordinator dan Bindep baru ini berlangsung dalam dua fase, pertama pada tgl 10 Agustus 2001 dan kedua berlangsung selama 6 hari pada tgl 19-24 Agustus 2001 dengan materi : kedisiplinan, mental kepemimpinan, teknik kepramukaan dan administrasi atau organisasi Gudep. Kegiatan ini bertempat di Wisma Darussalam.
Laporan Pertanggungjawaban dan Pengukuhan Andalan Koordinator dan Bindep
Sebagai realiasi semboyan Pondok Modern Patah tumbuh hilang berganti sebelum patah sudah tumbuh dan sebelum hilang sudah ada gantinya, dilaksanakanlah acara pergantian pengurus Koordinator Gerakan Pramuka Gudep 15089 PMDG..
Sebelum dilaksanakan pengukuhan pengurus lama terlebih dahulu melaporkan kegiatan selama masa baktinya, kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan serta pelantikan pengurus baru. Kegiatan ini berlangsung pada tgl 12 J. Ula 1422 dengan ketua terpilih Tedi Khumaidi (Bogor) dan Irzon (Jakarta).
Acara ini dihadiri oleh Bapak Pimpinan Pondok Modern, Direktur KMI, Mabikori, Mabigus, undangan, seperti : Ka Kwarcab Ponorogo, Komandan Lanud Iswahyudi Maospati, Komandan Paskhas Skadron 463 Maospati, dan Kapolres Ponorogo. Kegiatan ini berlangsung dua tahap, tahap pertama laporan pertanggung-jawaban pengurus lama, dan tahap kedua pengukuhan dan pelantikan pengurus baru. Keseluruhan acara tersebut dilaksanakan di Balai Pertemuan PMDG.
Shooting Penjelajahan Pramuka Penggalang
Dalam rangka mengenalkan kegiatan kepramukaan kepada masyarakat, TVRI Stasiun Surabaya mengadakan liputan kegiatan kepramukaan di Pondok Modern Darussalam Gontor. Kegiatan yang diikuti oleh Pramuka Penggalang Gudep 15089 PMDG ini dilaksanakan dalam dua paket shooting, paket pertama dilaksanakan pada tgl 8-9 Oktober 2001 berlokasi di Pondok Modern Darussalam Gontor dan paker kedua dilaksanakan pada tgl 10-12 Nopember 2001.
Kegiatan Lain dalam Kampus
Kegiatan lain Gugus Depan 15089 PMDG pada tahun ini antara lain :
1. Praktek Pengayaan Lapangan (PPL), untuk andika Laksana II dari kelas III Int. dan Kelas IV.
2. Perlombaan Insidentil antar pembantu pembina.
3. Penjelajahan kesekitar kampus PMDG.
4. Show kegiatan Marching Band Gema Nada Darussalam (MBGND).
5. Latihan panjat tebing bagi staf Koordinator, andika, anggota DKK, dan asisten Andalan Koordinator Urusan Kesekretariatan.

Sumber : http://gontor.tripod.com/kesan.htm#koord

0 komentar:

Posting Komentar