Minggu, 07 November 2010

Ikatan Keluarga Pondok Modern(IKPM) Gontor

0

Pendahuluan

Setelah para pelajar menyelesaikan alam pendidikannya di Gontor, mereka bergabung dalam sebuah organisasi kekeluargaan yang dinamai dengan IKPM (Ikatan Keluarga Pondok Modern). Saat ini IKPM berpusat di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, mempunyai cabang diseluruh Indonesia dan luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Mesir, Saudi Arabia dan Syria.
IKPM bertujuan untuk menyatukan kembali langkah perjuangan para alumni Gontor disamping memberi sumbangan moril atau materil kepada almamater Pondok Modern Darussalam Gontor.
Dengan IKPM para alumni bisa berbagi cerita dan pengalaman selama berada diluar Gontor. Kisah suka duka selama di Pondok senantiasa menjadi kenangan yang tidak boleh dilupakan. Itulah yang membuat para alumni senantiasa merasa satu walaupun terdiri dari berbagai macam umur dan suku. Tidak mengira tahun berapa seseorang selesai belajar di Gontor, jika berjumpa dengan saudaranya yang juga belajar di Gontor meskipun bukan pada tahun yang sama, mereka akan terasa akrab dan satu.
Keistimewaan IKPM tidak hanya dianggotai oleh para alumni yang selesai menamatkan pelajarannya di kelas 6 saja, melainkan siapa saja yang pernah belajar di Gontor setidaknya satu tahun ajaran.
Para anggota IKPM biasanya mencurahkan jasanya kepada IKPM sebagai tanda terimakasihnya kepada Pondok yang telah mendidiknya ketika berada disana. Mereka tidak mengharapkan apa-apa dari IKPM melainkan berkorban, membantu, memperjuangkan IKPM. Begitulah tindakan para santri terhadap IKPM yang mensyukuri nikmat-Mu yang didapat dari almamaternya Pondok Modern Darussalam Gontor.

Tentang IKPM

Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) adalah lembaga Pondok Modern Darussalam Gontor yang menangani alumni atau eks-santri yang tersebar di seluruh Indonesia dan di luar negeri. Lembaga ini didirikan pada tanggal 17 Desember 1949 di Yogyakarta, dan diresmikan kemudian pada tahun 1951 bersamaan dengan perayaan Kesyukuran Seperempat Abad Pondok Modern Darussalam Gontor.
Lembaga ini berpusat di Pondok Modern Darussalam Gontor.

Tujuan

Organisasi ini bertujuan untuk mempererat kekeluargaan dan membina persatuan ummat Islam; mempertinggi budi pekerti dan kecerdasan para anggota dalam rangka pengabdian kepada agama, bangsa, dan negara; Mengusahakan kesejahteraan para anggota dan turut serta bertanggung jawab atas kelangsungan Pondok Modern Darussalam Gontor dalam mencapai cita-cita menjunjung tinggi agama Islam, sesuai dengan Piagam Penyerahan Wakaf Pondok Modern Darussalam Gontor pada tanggal 28 R. Awwal 1378/12 Oktober 1958.

IKPM Cabang

Organisasi ini telah memiliki cabang-cabang di berbagai daerah di Indonesia dan di luar negeri. Cabang dapat dibentuk di suatu daerah yang mempunyai anggota sekurang-kurangnya 9 orang. Hingga tahun 2007 ini jumlah IKPM cabang sebanyak 95 IKPM cabang, terdiri dari 85 IKPM Cabang di Indonesia dan 10 IKPM Cabang di luar negeri.
Dalam pada itu para alumni dan para eks-santri Pondok Modern tidak terikat secara eksklusif dengan organisasi ini, tetapi mereka tetap bebas menjadi anggota organisasi lain. Hal ini mengingat bahwa Balai Pondok Modern tidak berafiliasi kepada golongan manapun dan tetap berprinsip Berdiri diatas dan untuk semua golongan. Para alumninya diamanati untuk menjadi perekat ummat di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu para alumni tetap dituntut secara moral untuk mempertahankan Ukhuwah Islamiyah di tengah-tengah masyarakat dalam golongan manapun mereka berada.

Keanggotaan

Anggota organisasi IKPM ini terdiri dari anggota biasa dan anggota kehormatan; anggota biasa adalah alumni atau eks-santri Pondok Modern Darussalam Gontor yang sekurang-kurangnya telah belajar di Pondok Modern Darussalam Gontor selama satu tahun, yang sanggup membawa dan menjaga nama baik serta bersedia membantu kemajuan Pondok Modern Darussalam Gontor, anggota kehormatan adalah setiap muslim yang berjasa terhadap IKPM dan atau terhadap Pondok Modern Darussalam Gontor.
Kegiatan Organisasi
Kegiatan IKPM pada prinsipnya adalah kegiatan-kegiatan untuk mempererat ikatan persaudaraan atau kekeluargaan diantara para alumni atau eks-santri. Untuk itu acara silaturrohmi dan halal bihalal terus digalakkan guna mempererat ?Shillat al-Ukhuwah" diantara keluarga Pondok Modern yang setiap tahunnya terus bertambah. Program dan kegiatan lainnya terus diupayakan baik yang menyangkut bidang-bidang dakwah, pendidikan dan ekonomi.

Musyawarah Besar IKPM

Setelah terbentuknya IKPM, disusunlah AD/ART yang kemudian disahkan pada Kongres I (Mubes I) IKPM di Pondok Modern Darussalam Gontor pada tanggal 31 Oktober 1951, bersamaan dengan acara peringatan Seperempat Abad yang berlangsung pada 27 Oktober s/d 4 Nopember 1951. Pada peringatan tersebut IKPM mendapat amanat yang berat karena pada saat itu Pendiri Pondok Modern, KH. Ahmad Sahal dalam pidato sambutannya, mengungkapkan bahwa Pondok Modern sejak saat itu bukan lagi milik para pendiri tetapi diwakaf kan kepada ummat Islam dan dipertanggungjawabkan maju mundurnya Pondok Modern diserahkan kepada para alumni (IKPM). Realisasi wakaf ini dilaksanakan pada Peringatan Empat Windu Pondok Modern Darussalam Gontor, 1958. Hingga kini, IKPM telah menyelenggarakan 9 kali kongres/Mubes, Mubes terakhir diadakan pada tahun 2009.

Struktur Kepengurusan
Periode 2009-2014

Ketua Umum : Drs. KH. Akrim Mariyat, Dipl. Ad. Ed
Ketua I : H. Syamsul Hadi Untung, MA, Mls
Ketua II : H. Noorsyahid, S.Ag

Sekretaris I : H.Y. Suyoto Arief, Msi
Sekretaris II : H.M. Adib Fuadi Nuriz, MA

Bendahara I : H. Mulyono Jamal, MA
Bendahara II : Ismail Abdullah Budi Prasetyo, S.Ag

Bidang-Bidang
Dakwah dan Pendidikan : HM. Badrun Syahir, MA
: Kholid Karomi, S.Fil.I

Pemberdayaan Ekonomi : H. Mujiono Suparno, BA
: Suraji Badi’,S.Ag

Website dan Publikasi : Jarman Arroisi, S.Ag
: Jumhurul Umami, S.Th.I

Keputrian : Silvi Suroyya Sahar.
: Hj. Alfiah Rahmawati Hidana, Lc.
: Eko Nur Fathimah, S.Ag.

Tentang IKPM Bekasi

Di Bekasi sendiri IKPM bergerak dalam segala bidang terlebih untuk menyatukan antara santriwan/i yang berada di pondok dengan walinya masing-masing yakni dengan mengadakan pengiriman paket dan wesel setiap bulan serta mengadakan travel bagi walisantri yang ingin menjenguk buah hatinya di pondok.
Pada pertengahan semester atau perpulangan pertengahan tahun IKPM juga mengadakan acara silaturahmi yang diselenggarakan secara bergiliran kepada wali santri yang bersedia rumahnya digunakan untuk acara silaturahmi. Selain itu IKPM juga mengadakan acara tahunan seperti Pesantren Ramadhan yang diselenggarakan di SMP-SMP yang berada di Bekasi, Gebyar Ramadhan yakni acara perlombaan se-SMPN di Kota Bekasi seperti cerdas cermat, tahfidz juz amma, adzan, telling story, kaligrafi, mading, pidato, nasyid dan di pada tanggal 7 Syawwal 1431H diadakan acara halal bihalal antara seluruh walisantri beserta para santriwan/santriwati yang diadakan di Balai Patriot Bekasi.
Untuk acara Pesantren Ramadhan pada tahun ini diadakan di SMPN 13 Bekasi untuk santriwati dan di SMPN 26 Bekasi untuk santriwannya, sedangkan acara Gebyar Ramadhan diadakan di Islamic Centre yang dilaksanakan secara marathon dari hari Senin s/d Sabtu tanggal 23 Agustus 2010 s/d 28 Agustus 2010 yang bertepatan dengan tanggal 13 Ramadhan 1431H s/d 18 Ramadhan 1431H.

Sumber : http://ppikpm.gontor.ac.id/konten/tentang-ikpm
dengan editan dari penulis

0 komentar:

Posting Komentar